Cara Mengedit Font untuk Membuat Hardsub pada Film

Artikel ini merupakan kelanjutan atau sekedar tambahan dari artikel saya sebelumnya tentang cara menggabungkan subtitle dengan film [hadrdsub]. Di artikel ini akan membahas tentang cara mengedit font subtitle yang nantinya bakal jadi calon hardsubtitle pada film. Mengedit disini dalam arti perbesar, perkecil font, memberi font, atau mengganti jenis fontnya.
Seperti dalam artikel saya sebelumnya, software yang digunakan yaitu Format Factory. Lalu ikuti tutorial saya dibawah.

Cara edit warna dan jenis font :

1. klik option pada format factory, seperti contoh gambar dibawah

2. lalu akan masuk ke menu option

Subtitle Font -> untuk edit jenis font subtitle
Disini font yg digunakan harus berformat .ttf .Untuk mencari jenis font berformat tts bisa masuk ke direktori C/Windows/Fonts. Disana pasti disediakan banyak jenis font dari microsoft. Lalu kamu copy salah satu font yg kamu inginkan ke tempat direktori yg lain, misal di drive D atau E. Setelah itu baru kamu browse deh letak font tersebut. Atau jika ingin font yg lain bisa cari di internet.

SRT color -> untuk mengedit warna font subtitle
beri centang pada ASS subtitle font, lalu akan muncul settingan font color dan font border color.
font color = warna font , font border color = warna garis pinggir font.
Lalu tinggal pilih warna sesuai seleramu dan cocokkan dengan backgroud film, nanti kelihatan nggak kira-kira subtitlenya.

3. setelah itu klik OK
4. selanjutnya ikuti tutorial yang ada disini

Cara edit ukuran font / font size :
langkah ini kamu lakukan saat kamu masuk langkah nomor 5 dari artikel yg disini
sebelum kamu klik Ok, kamu klik dulu pada output setting

lalu expand pada additional subtitle.. disana ada subtitle font size.. lalu tinggal pilih ukurannya, disana sudah ada keterangan small, medium, dan large atau tengah2nya..


Cara menambahkan watermark di film
apa itu watermark? to the point saja langsung lihat contohnya pada tulisan zamedaku atau zamedaku.blogspot.com pada gambar diatas, itulah watermark. Tapi ini untuk ditempatkan pada film agar project film hasil hardsub kita tidak dicopy sembarang orang, paling tidak ada watermark kita itu lah.

Caranya: sama seperti mau edit ukuran font, dibawah additional subtitle ada watermark (avisymth). Lalu disana ada pilihan buat memberi watermark, tinggal browse saja tulisan, logo, atau gambar buat dijadikan watermark. Selanjutnya klik ok dan lakukanlah penggabungan subtitle dan convertnya..

Comments

  1. Siip gan, ternyata FF nggak cuma buat ngonvert film aja ya.

    ReplyDelete
  2. Bang admin saya mau tanya, saya menggunakan FormatFactory terbaru yaitu versi 3.0.1.
    Misal dari Vidoe xx.MKV dan xx.ass (subtitlenya) sudah saya masukan dalam satu folder. Lalu saya konvert ke xx.MP4. Konversi barhasil gabung dengan subtitle, namun permasalahannya Subtitlenya menumpuk (lihat screenshot http://picturestack.com/89/799/3YwCaptureAB8.jpg).
    Tolong kasih tahu bagaimana cara mengatasinya??? Plis.

    ReplyDelete
  3. wah....
    mantab-mantab,
    thanks infonya bung, sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Sip gan,trik.a alwayS WoRK

    ReplyDelete
  5. ohh gitu toh... makasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali tutorialnya..

    ReplyDelete
  7. terima kasih ya bangsat, setelah saya baca artikelnya, saya download format factory, dan saya stres dengan tutorial anda.. terima kasih bangsat

    ReplyDelete
  8. makasih nih infonya


    Ingin Isi Ulang Voucher Pulsa dan Bayar PPOB Dengan Mudah , Cepat , dan Tepat ? Silakan Sobat Download Aplikasinya di Sini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile Di Jamin 100% Aman & Bergaransi.

    ReplyDelete
  9. knp gak work gan? setelah saya coba kembali ke versi lawas misalnya FF 2.70 malah bisa.

    ReplyDelete
  10. Makasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih