Cara Mengingat yang Baik

Cara mengingat yang baik menggunakan Metode SQ3R-
Sebelumnya saya telah sharecara beberapa cara mengingat yang jitu menggunakan teknik Mnemonics, Chunking, Asosiasi, dan Metode Loci. Lantas apa yang dimaksud teknik mengingat dengan metode SQ3R?
SQ3R adalah singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, and Review. Metode ini secara khusus berguna untuk mengintegrasikan dan mengingat sejumlah informasi penting, misalnya isi suatu buku pelajaran atau materi panduan profesi anda yang harus anda kuasai. Urutan tekniknya seperti ini :


Survey. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperoleh ikhtisar dari materi melalui membaca cepat. Membaca judul dan subjudul dari suatu bab atau kalimat pertama dari setiap paragraf akan menghasilkan garis besar materi secara mental. Lihatlah semua gambar atau grafik yang terkait, termasuk foto dan diagram. Jika materi tersebut juga berisi rangkuman bab dan pertanyaan untuk belajar, bacalah juga semua itu.

Question. Langkah kedua adalah bertanya kepada diri anda sendiri mengenai apa yang baru saja anda baca. Formulasikan pertanyaan anda berdasarkan ide-ide pokok yang anda kumpulkan dari survey awal anda. Buatlah pertanyaan tersebut provokatif dan menarik; jadi ketika anda membaca materi tersebut secara penuh di langkah berikutnya, rasa keingintahuan akan meningkatkan fokus anda dan pertanyaan anda akan menyiapkan diri anda untuk melakukan pengodean sesuai kategori dari hal yang telah anda baca.

Read. Kini, bacalah dengan cermat materi tersebut agar dapat anda pahami. Pikirkan mengenai pertanyaan anda saat anda membaca. Mencata dan menggaris bawahi harusnya dilakukan seminimal mungkin, dan hanya difokuskan pada konsep kuncinya saja. Mencatat atau menggaris bawahi terlalu banyak dapat mengganggu aliran informasi dan menurunkan pemahaman anda

Recite. Seperti yangtelah saya bahas sebelumnya, mengucapkan dengan keras apa yang baru saja anda baca, baik dengan berbicara kepada diri sendiri atau kepada orang lain, adalah cara yang sangat baik untuk memeriksa pemahaman anda dan memperdalam pengertian anda mengenai materi tersebut. Lakukan pencatatan yang lebih mendetail.

Review. Kemablilah membuka-buka materi tersebut sehari sesudahnya atau setelah itu. Tinjaulah kembali catatan yang telah anda buat. Terakhir, kembalilah membahas pertanyaan anda yang ada pada kedua tadi. bagaimana anda menjawabnya sekarang? pertanyaan apa yang masih belum terjawab? Tinjaulah kembali materi tersebut secara cepat beberapa kali dalam waktu seminggu atau beberapa minggu, karena usaha mengingat yang dibagi dalam suatu periode waktu lebih efektif untuk mengonsolidasikan ingatan.

Semoga bermanfaat :)
Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

SamBung Cerita said...

Makasih ya tipsnya. Oh ya, bisa juga dengan konsumsi suplemen ini lho: http://on.fb.me/161claS :)

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info