Cara Mengingat yang Jitu #2

Lanjut dari teknik mengingat jitu yang telah saya share sebelumnya yaitu metode Mnemonics dan Chunking, sekarang akan saya bahas metode selanjutnya yaitu metode Asosiasi dan metode Loci.

       Ketika anda mempelajari sesuatu yang baru, segeralah anda kaitkan dengan sesuatu yang telah anda ketahui sebelumnya. Mebuat suatu keterkaitan adalah esensial da
lam membangun ingatan jangka panjang, karena hal ini membuat informasi semakin bermakna, yang kemungkinan dikonsolidasikannya informasi oleh hipokampus. Cara yang nyaman untuk mengingat nama seseorang yang baru saja anda temui adalah dengan memikirkan semua orang yang anda kenal yang memilik nama yang sama dengannya.
       Melakukan asosiasi juga merupakan cara yang efektif untuk mengingat password atau nomer pin, yang karena alasan keamanan, tidak akan anda tulis atau bawa bersama anda. Anda mungkin mempertimbangkan untuk membuat password anda untuk memasuki suatu situs jejaring khusus profesi anda dengan sesuatu yang adapat anda kaitkan dengan profesi anda. Contohnya, 051127 untuk bulan, tahun, dan usia anda saat anda mencapai gelar profesi anda.


      Teknik ini digunakan di yunani kuno  dan sampai sekarang merupakan cara yang sangat berguna untuk mengatur materi yang panjang dan rumit, yang perlu anda ingat, misalnya melakukan pidato tanpa catatan atau powerpoint. 
      Pikirkan suatu rute jalan yang sangat umum anda lalui, misalnya jalur berangkat ke kantor atau jalur menuju tempat liburan yang serung diikunjungi. Kini bayangkan anda bepergian melalui jalur tersebut dan catatlah tanda-tanda yang anda lalui selama perjalanan. Seperti halnya dalam pidato,  anda hubungkan setiap ide kunci anda dengan tanda-tanda yang anda lalui secara berurutan.
     Saat anda berbicara, bayangkan anda berpergian melalui rute yang anda kenal tersebut, Setiap tanda atau lokasi akan mengenai informasi yang telah diasosiasikan. Namun anda tidak perlu membatasi diri anda dengan menggunakan lokasi fisik, anda juga dapat mengguanakan penanda lain dalam hidup anda, seperti bulan-bulan dalam satu tahun, urutan usia keluarga anda, dan seterusnya. Konsep tersebut tetap sama yaitu mengaitkan setiap ide atau konsep kepada suatu lokasi yang spesifik.

Baca juga :
Cara mengingat dengan Metode SQ3R


Referensi: Buku

"Mencegah Kepikunan"
Aaron P.Nelson, Ph.D.
Havard medical School
dan Susan Gilbert


Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

2 komentar:

mulachela said...

thx banget ttg tips2x buat menghafal...
mdhah2an bermanfaat..
izin copas n praktek...

Zameda Igga said...

sama-sama.. kalau mau copas kasih link sumbernya ya.. makasih

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info