Cara Mengingat yang Jitu #1


Teknik Mengingat
Ada trik-trik yang dapat membantu anda mengingat. Beberapa diantaranya dalah teknik yang telah teruji yang telah membantu para siswa melewati SMA, kuliah danlebih dari itu ketika mereka perlu mengingat insformasi dalam jumlah banyak. Teknik-teknik tersebut dapat membantu anda meningkatkan infatan sehari-hari. Teknik-teknik tersebut diantaranya:
1.       Mnemonics
2.       Chunking
3.       Asosiasi
4.       Metode Loci
5.       Metode SQ3R

                Mnemonics atau jembatan keledai, berasal dari kata Mnemosyne, dewi ingatan dalam mitologi Yunani, adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu ingatan. Kemungkinannya adalah bahwa ketika berada di sekolah, anda mempelajari atau membuat beberapa jembatan keledai untuk mengingat informasi khusus. Contohnya “YuSaUrNepTo” adalah singkatan dari nama-nama planet yang ada di tata surya kita urut dari yang terdekat dengan matahari yakni Yuppiter, Saturnus,Uranus, Neptunus, Pluto.
               Atau untuk mengingat senyawa golongan IA (Alkali) pada unsur kimia yaitu H, Li Na, K, Rb, Cs, Fr. Dan untuk mengingat golongan IIA (alkali tanah) yaitu Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra. Bagaimana anda dapat menghafal nama-nama unsur tersebut? Dengan metode mnemonics anda akan jadi mudah menghafalnya. Untuk golongan IA dapat anda bentuk menjadi kalimat seperti ini “HerLiNa Karo Robi Ce-eS Friend”, untuk golongan IIA bisa jadi seperti ini “Bebek Mangan Cacing Seret Banget Rasane”. Menarik bukan?


                Chunking atau pengelompokan adalah suatu metode pengorganisasian untuk memilah sekelompok besar hal menjadi beberapa subkelompok berdasarkan suatu karakteristik umum. Misalnya saya menyebutkan suatu daftar yang terdiri dari 12 barang belanjaan kepada anda (dan anda kebetulan tidak membawa kertas dan pulpen) : air mineral, spons cuci, apel, cairan pencuci piring, kopi, jeruk, lemonade, detergen cuci, anggur, susu, limau, lap kertas. Akan sulit bagi anda untuk mengingat 12 barang yang berbeda dalam 20 menit perjalanan menuju supermarket. Denganmelakukan pengelompokan yang memilah barang-barang itu kedalam 3 subkelompok (buah, minuman, perlengkapan mencuci), anda membuat informasi menjaadi lebuh mudah diatur karena anda telah mengurangi jumlah barang yang harus diingat dari 12 menjadi 3, dan menggunakan setiap subkategori tersebut untuk dijadikan petunjuk bagi keempat anggotanya.
                Pengelompokkan juga bisa digunakan untuk mengingat nomor telepon teman anda, misalnya nomor tersebut terdiri dari 12 digit yaitu 082247639387. Nomor tersebut akan lebih mudah dihafalkan jika anda membacanya menjadi seperti ini 0822-476-39-38-7 atau seperti ini 0822-476-393-87. Enak yang mana? Itu tergantung selera. Hehehe...

Baca juga :

Metode Asosiasi
MetodeLoci
Metode SQ3R
Referensi: Buku "Mencegah Kepikunan"
Aaron P.Nelson, Ph.D.
Havard medical School
dan Susan Gilbert
Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info