Pengertian Nen dan Jenis-jenisnya

Nen (念, Mind Force) adalah sebuah bentuk energi yang ada atau dibuat di dalam tubuh yang bisa dikendalikan atau diatur dan dimanipulasi dalam berbagai cara oleh seseorang. Aliran energi ini lebih sering kita kenal dengan sebutan Aura.
Beberapa manfaat dari kemampuan mengendalikan nen adalah:
  1. Awet muda,
  2. Memperkuat pertahanan fisik,
  3. Mempercepat proses penyembuhan,
  4. Memperkuat stamina, dll.
Perhatikan gambar di atas. Huruf Kanji yang berada di tengah berarti Nen (念, Mind Force), yang di kanan berarti Ten (纏, Envelop), yang di kiri berarti Zetsu (絕, Suppress), yang di atas berarti Ren (練, Refine), dan yang di bawah berarti Hatsu (發, Release). Keempat jenis nen itu (ten, zetsu, ren, hatsu) adalah teknik dasar nen dan sangat fundamental.
Ten, ketika seseorang berhasil membuka souko-nya atau dengan kata lain mengalirkan auranya ke luar, maka dia harus mempertahankan auranya di sekitar tubuhnya dan mengendalikan derasnya aliran aura yang keluar agar aura tersebut tidak habis. Jika aura yang merupakan energi kehidupan terus mengalir deras dari tubuh maka lama-kelamaan tubuh akan merasa lemas dan akhirnya mati. Teknik ini adalah pertahanan paling dasar melawan serangan fisik dan emosional dari pengguna nen lainnya. Dengan menggunakan ten, kita bisa mencegah penuaan karena aura yang kita kontrol jadi tidak terbuang percuma.
Zetsu, menghentikan seluruh aliran aura keluar dari tubuh secara serentak. Dengan menutup souko, pengguna zetsu bisa menghentikan aliran aura tersebut keluar dari tubuhnya. Orang yang menggunakan zetsu bisa lebih sensitif terhadap aura orang lain karena tubuhnya sudah tidak dilapisi/dikelilingi oleh auranya sendiri (ibarat tidak pakai baju, lebih bisa merasakan panas dinginnya suhu lingkungan). Zetsu sangat bermanfaat untuk memata-matai dan menguntit orang lain karena orang lain jadi tidak bisa merasakan aura kita sehingga dia tidak akan menyadari kehadiran kita. Zetsu juga bisa digunakan untuk memulihakan kondisi tubuh (menjadi segar dan kuat kembali dari kelelahan) karena aura yang ditahan keluar jadi memenuhi tubuh bagian dalam. Tetapi karena zetsu berarti menutup aliran aura seseorang, hal tersebut bisa sangat berbahaya karena berarti kita tidak punya pertahanan fisik terhadap serangan luar (khususnya serangan aura dari orang lain).
Ren, bisa dibilang sebagai aplikasi dari ten. Pengguna nen yang mampu mempertahankan auranya berarti bisa mengontrol aliran auranya. Dengan ren, pengguna nen tersebut mampu mempertahankan/membuat auranya keluar dari tubuhnya sekuat-kuatnya dan sebesar-besarnya (lawan dari zetsu) tanpa perlu khawatir akan kehilangan auranya (karena dia bisa mengontrol auranya untuk tidak digunakan secara terus-menerus). Ren memfokuskan untuk mengeluarkan aura dalam jumlah yang sangat besar dan mempertahankannya di sekitar tubuh, memperbesar ukuran dan intensitas aura tersebut. Ini menambah kemampuan fisik seseorang dan agar staminanya dalam keadaan maksimal.
Hatsu, merupakan aplikasi langsung dari ren. Ren merupakan teknik mengeluarkan aura dari dalam tubuh, sedangkan hatsu berarti memproyeksikan aura tersebut secara spesifik dengan cara tertentu untuk berbuat sesuatu (menggunakan aura untuk berbuat sesuatu). Hatsu yang bagus harus bisa mencerminkan karakter seseorang; seseorang tidak akan bisa menguasasi nen secara penuh jika dia hanya meniru kemampuan orang lain. Hatsu mempunyai beberapa kategori yang berbeda, dan aura dari setiap individu diposisikan pada kategori yang berbeda. Selama mempelajari nen, seseorang bisa menentukan/memutuskan untuk mempelajari bagaimana mengaplikasikan kemampuan nen-nya dengan caranya sendiri sesuai (yang cocok) dengan kepribadiannya, yang bisa berkembang menjadi kemampuan yang unik (kemampuan yang berbeda dari kemampuan orang lain).
Ada beberapa tipe Hatsu:

Kyōka (強化) / Enhancement (Reinforcement)
Seseorang bertipe kyōka mampu menambah kemampuan serangan dan pertahanan fisiknya secara signifikan, dan sangat cocok untuk pertarungan jarak dekat. Kyōka adalah tipe hatsu yang paling seimbang, memungkinkan pengguna untuk membuat dirinya berada dalam keadaan menyerang dan bertahan dan menjadi sangat kuat hanya dengan menggunakan kemampuan yang sederhana.
Sifat dasar orang bertipe Kyoka :
lugu, mikirnya sederhana dan apa adanya, kadang bisa dibilang naïf, dia tidak rumit, ngedeketin orang bertipe kyoka cukup mudah makanya biasanya orang bertipe kyoka memiliki teman yang banyak
contoh nen yang bertype nen kyoka di Hunter x Hunter adalah: Gon dan Ubo Genei Ryodan
 

Hōshutsu (放出) / Emission,
Orang bertipe Hoshutsu memungkinkan penggunanya mengontrol keadaan auranya ketika terpisah dari tubuhnya. Biasanya intensitas aura berkurang sangat cepat ketika terpisah dari tubuh (karena aura tersebut berada pada jarak yang jauh dari sumber aura tersebut dihasilkan), tapi tipe hōshutsu bisa memisahkan aura dari tubuhnya dalam jangka waktu yang panjang dan masih bisa mengaturnya. Bisa dikatakan, semua hal yang berhubungan dengan jarak bisa dilakukan oleh tipe hōshutsu.
Sifat dasar orang bertipe Hoshutsu :
orang yang blak – blakan, nggak kepikiran buat dia untuk tidak menunjukan atau menahan emosinya (marah, seneng, sedih, dll), nggak sabaran.
contoh nen yang bertype nen henka di Hunter x Hunter adalah: unknown?

Henka (変化 ) / Transmutation (Transformation),
Tipe Henka mempunyai kemampuan untuk mengubah properti aura untuk meniru bentuk benda lain. Secara sederhana, aura yang ada hanya meniru komponen pembentuknya saja, tidak berubah menjadi benda tersebut (meniru sifat-sifat pembentuknya dan sifat-sifat benda itu sendiri, misal: meniru sifat elektronnya, meniru sifat asamnya, meniru sifat lengketnya, dll.). Jadi, pengguna henka bisa membuat auranya meniru sifat dari suatu benda (baik nyata atau pun imajiner). Meskipun begitu, jika seorang pengguna henka ingin meniru sifat / properti dari suatu benda, tidak berarti seluruh sifat / propertinya ditiru, pengguna henka bisa menentukan untuk hanya meniru yang penting-penting saja. Orang yang tidak menguasai nen (tidak bisa melihat aura) tidak bisa untuk melihat substansi yang dibentuk oleh henka (karena substansi yang terbentuk itu masih merupakan aura).
Sifat dasar orang bertipe Henka :
Angin-anginan, susah ditebak, biasanya orang bertipe Henka tidak memerlukan alasan dalam bertindak, hanya melakukan sesuatu jika dia tertarik melakukannya, hal yang penting bagi dia dalam sekejap bisa jadi sampah bagi dia, pandai menyusun strategi yang cukup mengagetkan dan menipu, berbohong bukan hal yang susah maupun dilematis buat dia.
contoh nen yang bertype nen henka di Hunter x Hunter adalah: Hysoka dan Killua
 

Sōsa (操作 ) / Manipulation
Tipe kemampuan yang dapat mengontrol benda hidup atau pun mati. Kemampuan yang dimiliki pengguna sōsa cenderung lebih rumit dan umumnya membutuhkan kondisi tertentu yang harus dicapai sebelum si pengguna mampu mengontrol objek yang diinginkannya. Bisa diinterpretasikan seseorang yang dikontrol oleh tipe sōsa berarti dia terkena hipnotis. Meskipun begitu, tipe sōsa tidak bisa mengontrol kemauan seseorang, hanya tubuhnya saja.
Sifat dasar orang bertipe Sōsa: suka ceramah, argumentatif dan persuasive, keras kepala, mengutamakan alas an yang logis.
contoh nen yang bertype nen Sosa di Hunter x Hunter adalah: Shalnark (Genei Ryodan)


Gugenka (具現化 ) / Conjuration,
Tipe orang dengan kemampuan menciptakan benda atau materi independen dan nyata secara fisik yang berasal dari aura seseorang. Sekali seseorang berhasil menguasai gugenka dan menciptakan materi tertentu, dia bisa memunculkan dan menghilangkannya dalam waktu yang tak berarti, kapan pun dia mau. Gugenka adalah satu-satunya penggunaan nen yang bisa menciptakan benda-benda secara nyata (fisik) di mana semua orang (termasuk orang awam, bukan pengguna nen) bisa melihat dan menyentuhnya. Benda yang diciptakan melalui gugenka bisa memiliki kemampuan khusus yang ditambahkan oleh si pengguna nen dengan syarat-syarat (kondisi) tertentu yang harus dipenuhi. kemampuan gugenka haruslah sangat spesifik, kompleks dan kondisional (memenuhi kondisi yang ditentukan). Syarat kondisi yang ditambahkan pada materi gugenka adalah untuk membuat kekuatannya jauh lebih kuat.
Sifat dasar orang bertipe Gugenka :
tipe orang yang cukup imaginatif daripada orang biasa, lebih sensitive, emosi merupakan hal besar buat mereka, ngedeketin orang tipe ini, harus menggunakan cara yang paling halus.
contoh nen yang bertype nen Sosa di Hunter x Hunter adalah: Kurapika
namun dalam hal ini Kurapika mampu membentuk tipe nen gugenka menjadi tipe nen yg mempu digabungkan dengan tipe nen yg lain (hampir mirip seperti tokushitsu), karena Kurapika menggunakan penghakiman rantai miliknya sendiri dimana dia bisa memiliki kekuatan nen yg lain tetapi hanya untuk membunuh anggota gnei ryodan, jika tidak dia sendiri yg akan mati oleh rantainya.

Tokushitsu (特質) / Specialization,
Tipe orang dengan kemampuan nen yang tidak termasuk dalam 5 kategori lainnya. Ini adalah kategori kemampuan yang paling berbeda dan sulit dijelaskan karena sama sekali tidak dapat dihubungkan dengan kelima tipe nen lainnya, tapi ada juga yang berdasarkan kelima kategori tipe nen lainnya. Misalnya: seorang bertipe tokushitsu bisa saja menguasai seluruh kemampuan nen yang ada (kelima jenis nen) sekaligus dan ada pula yang memiliki kemampuan yang sama sekali berbeda dari kelima jenis nen yang ada (kemampuan spesial). Jenis kemampuan yang muncul pada seorang tokushitsu tidak memiliki hubungan dan kesamaan sifat dengan pengguna tokushitsu lainnya (berbeda dengan 5 jenis nen yang lain.
Sifat dasar orang bertipe Tokushitsu :
orang yang individualis, suka bekerja sendiri, orang yang sangat rumit, tipe ini yang biasanya paling punya sifat kepemimpinan dan paling punya kharisma..
contoh nen yang bertype nen tokushitsu di Hunter x Hunter adalah : Kuroro Lucifer (Genei Ryodan)


source : http://pahalahutapea.wordpress.com/2010/03/12/nen/
edited by : http://zamedaku.blogspot.com
Lalu apa tipe nen mu? untuk mengetahuinya KLIK DISINI
Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

42 komentar:

Anonymous said...

mantep gan nen gw tokushitsu

Anonymous said...

gw Tokushitsu 100%

Anonymous said...

Saya 100% stype Sosa ^^

Anonymous said...

saya type sosa ^^

Annisa Hartayanti Putri said...

saya 100% henka.. wah senangnya kaya killua :D

BLOG QU DUNIA QU said...

w tipe Henka

Anonymous said...

Saya :

-Sousa : 100%
-Tokushitsu : 100%
-Henka : 75%
-Kyouka : 75%
-Houshutsu : 50%
-Gugenka : 0%

DAMN,, ane brti kyak lucifer donk :O

glengarcia said...

Kyouka:100% Tokushitsu:100% Gugenka:75% sisanya 0%

Anz said...

kalo gua begini:

Henka (100%)


Sousa (79%)


Kyouka (65%)


Gugenka (43%)


Houshutsu (0%)


Tokushitsu (0%)

Irma Nm said...

Tokushitsu (100%)


Sousa (84%)


Henka (67%)


Gugenka (34%)


Houshutsu (34%)


Kyouka (0%)

Anonymous said...

Kyouka(100%)
Tokushitsu(100%)
Henka16%)
Houshutsu(16%)
Gugenka(0%)
Sousa(0%)

nizma shishi reabtiand said...

tebak med
tipe q apa

Anonymous said...

tipe nen ku

SOSA : 100%
HENKA : 75%
TOKUHITSHU :50%

elak said...

apakah nen itu benar2 ada atau hanya di anime ny saja?
tolong jawabannya min

Anonymous said...

Kalau aku :

Sousa (100%)

Tokushitsu (60%)

Henka (40%)

Kyouka (20%)

Gugenka (0%)

Houshutsu (0%

Anonymous said...

ane gan..

Gugenka (100%)

Sousa (100%)

Tokushitsu (100%)

Henka (67%)

Kyouka (67%)

Houshutsu (0%)

makasi tesnya gan :D

begi said...

gw
henka 100%
tokushitsu 100%
housutsu 65%
sousa 65%
kyouka 34%
gugenka 0%

apa yg mau gw ciptai yaaaa... hmmmm

Agung said...

gw henka....

bagi yg bertanya ini ada bneran atw engga.....
tpi mnurut sya ini bisa jadi nyata....
ada kok yg bisa,
walaupn ga shebat yg d anime....

Muhammad Firdaus said...

TIPE GUE

Gugenka (100%)

Sousa (100%)

Henka (80%)

Tokushitsu (80%)

Houshutsu (40%)

Kyoka (0%)

Anonymous said...

ana henka,

bagi jawaban yang di atas..
ane pernah qo nyobain. tapi waktu itu coba pake teknik kyouka. dan kyouka saya 59% alhasil emang bner
tapi kalo henka sekarang dalam thap pembelajaran..

Link Lastun said...

Kyouka 100%

Henka 79%

Gugenka 74%

Sousa 64%

Tokushitsu 64%

Houshutsu 0%

Mmang Lbih Trtarik pd Kyouka ^^

Anonymous said...

Gimana tuh belajar nya ?

Anonymous said...

Henka
Sesuai prediksi gua

Anonymous said...

waaaa saya Henka ...

daop kediri said...

sousa :D

fahrul.soliqin@gmail.com said...

Tokushitsu (100%)
Henka (50%)
Houshutsu (50%)
Sousa (25%)
Gugenka (0%)
Kyouka (0%)

Anonymous said...

Henka 100
Tokushitsu 86
Houshutsu 35
Sousa 27
Kyouka 9
Gugenka 0
----
Yokai :)

Anonymous said...

Ane Kyouka gan, ane yang paling kuat wks~

putra praditya said...

Saya houshutsu

putra praditya said...

Sya houshutsu

arc chrome said...

aneh,,,w smuanya ada min,,,

arya screamo said...

Kalo cara mengetahui nen kita gimana caranya ?
Memang manusia nyata bisa menguasai nen ?

arya screamo said...

Nen gua Henka ,kaya hisoka .

arya screamo said...

Henka :100%
Tokushitsu :84%
Sousa :67%
Kyouka :50%
Gugenka :0%
Houshutsu :0%

Febby haryadi wijaya said...

Henka (100%)
Kyouka (100%)
Sousa (100%)
Tokushitsu (67%)
Gugenka (34%)
Houshutsu (0%)

Febby haryadi wijaya said...

Kaya hyosoka. Hiiih serem😱

Febby haryadi wijaya said...

Henka (100%)
Kyouka (100%)
Sousa (100%)
Tokushitsu (67%)
Gugenka (34%)
Houshutsu (0%)

Monica Lisdevianti said...

Henka 100%
Kyouka 100%
Tokusitsu 100%
Sousa 67%
Houshutsu 34%
Gugenka 0%

Monica Lisdevianti said...

Henka 100%
Kyouka 100%
Tokusitsu 100%
Sousa 67%
Houshutsu 34%
Gugenka 0%

Lala Poox said...

yoo...untuk testnya;
tokushitsu: 100%
sosa:80%
henka: 60%
houtshusu:60%
gugenka: 20%

Salim Alkatiri said...

Gue tipe cowo suka nenen tete cewe wkwk

Anonymous said...

Ad bro kyk teknik kyoka nih di pelajarin di martial art sampe bisa ngehancurin batu pake teknik penguatan , houshi kayak leorio seni tenaga dalam ad beneran , sousa hipnotis ... Hipnotis jga pnya syarat lohhh.., henka si manusia listrik , btw gugenka dan toku gak tau .. Teknik gyo memang benar ad kyk yg di ajarkan di buku tetang aura klo sring latihan pasti bisa lihat..gw bisa liat beneran nih bro tapi cuma warna warni .., teknik pijat juga pake nen kyknya.. Pmijat pro pasti tipe nen nya kyouka..

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info