Pertolongan Pertama Saat Otot terkilir / Keseleo


Bismillah...
Seringkali saat kita beraktivitas mengalami suatu insiden atau kecelakaan kecil, salah satu contohnya otot terkilir/nyeri otot, atau kesleo atau nama ilmiahnya sprain. Kebanyakan terjadi pada pergelangan tangan dan kaki, jari-jari tangan dan kaki, atau pada sendi-sendi. Penyebabnya tentu bermacam-macam. Dari apa yang pernah saya alami waktu itu terjadi ketika saya hampir jatuh dari sepeda motor dan otomatis saya berusaha menyangga beban motor agar tidak terpeleset dan jatuh, alhasil pergelangan tangan saya terasa kaku dan nyeri. Waktu itu saya biarkan saja karena saya kira bisa sembuh sendiri selama beberapa hari. Namun ternyata setelah 2 minggu belum sembuh juga ini nyeri otot. Karena merasa terganggu dengan dampaknya yaitu tidak bisa mengangkat beban yang berat dan aktivitas lainnya maka aagar tidak bertambah parah. saya mencoba berobat dengan menggunakan fisioterapi. Berikut ini gambaran luka yang saya alami di pergelangan tangan

health.kompas.com
Saat di fisioterapi waktu itu tangan saya diberikan suatu sorotan lampu berwarna merah yang cukup panas, saya tidak tanyakan apa nama alatnya yang jelas kata ahlinya itu fungsinya untuk merenggangkan otot-otot kita yang terkilir agar tidak kaku atau mungkin trauma. Setelah itu diberikan semacam kejutan listrik berdaya kecil dengan suatu alat, rasanya otot-otot saya seperti berdenyut-denyut, saya kira ini semacam pijat otot sekaligus membetulkan posisi otot kita yang terkilir dan terasa nyeri tersebut. Setelah di fisioterapi sedikit demi sedikit rasa nyerinya hilang. Lalu saya diberi saran oleh ahlinya untuk di kompres pergelangan tangan saya yang terkilir tadi menggunakan air panas.

Waktu itu saya juga diberikan tips kecil untuk menangani masalah otot terkilir tersebut sesaat setelah kejadian, yaitu sebagai berikut :
1. Sebelum lewat 24 jam setelah mengalami otot terkilir sebaiknya cepat-cepat di kompres daerah yang terkilir dengan air dingin atau air es bersuhu kurang lebih 24 C.
 http://www.dokterku-online.com/
2. Jika sudah lewat 24 jam, lakukanlah pengompresan dengan air hangat seperti yang pernah saya lakukan dengan rutin, bisa juga sesaat di oleskan balsem sambil dipijat pelan-pelan saja, dan hati-hati saat memijat jangan memaksanya dengan ditekan rasa sakitnya.

Setelah saya browsing, cara pengobatan menggunakan pengompresan air es/air panas diatas merupakan salah satu cara perawatan otot terkilir denagn cara Elektromekanis.
Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

terbuang said...

baru tau bro ternyata lama waktu terjadinya terkilir juga mempengaruhi cara kompresnya, thanks bro, oh ya bro knp udh jarang update ni hehe, ditunggu artikel barunya ni bro

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info