Cara Mengecilkan Size Video tanpa Mengurangi Kualitas Aslinya

       Halo sobat blogger. Kali ini Zamedaku Share mencoba bangkit lagi dari dunia blogging setelah beberapa bulan tidak update blog, artikel hangat yang baru-baru ini saya share adalah download adobe photoshop cs5 portabel. Kembali ke topik, kali ini zamedaku akan share mengenai cara mengecilkan ukuran atau size video tanpa mengurangi kualitas aslinya dengan Cyko, cara ini berbeda dengan konvert video yang juga dapat mengecilkan size video. Cara mengecilkan size video tanpa mengurangi kualitas aslinya lebih sering diistilahkan sebagai encoding. Encoding sendiri adalah proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan transmisi data atau penyimpanan datanya, istilah gampangnya ialah kompresi sutau data kedalam bentuk kode-kode tertentu.
       Cara encode ini biasa digunakan oleh pengupload film-film atau anime untuk mendapatkan size yg kecil dan kualitas yang tetap terjaga. Dan cara yg saya berikan ini adalah salah satu cara dari beberapa cara yg ada yang dibilang cara mudah dan simpel.

Alat yang dibutuhkan :
Cara menggunakan Cyko+HandbrakeCLI :
INFO : klik gambar untuk diperbesar.
  1. jalankan dulu handbrakeCLI.exe , nanti akan muncul command prompt dan hilang dengan cepat
  2. lalu buka Cyko.exe , dan masukkan filmnya lewat add source file (contoh disini saya akan encode anime "Another" dengan size 148Mb)
    setelah film masuk ke cyko, pilih tempat outputnya nanti
  3. lalu masuk ke tab option dan lakukan settingan sama seperti berikut
     value : 26
     height : 480
     audio bitrate : 50
    Untuk keterangan masing2an settingan lihat pada softwarenya langsung.
  4. lalu klik scan
    setelah itu akan masuk ke tab outputs, tinggal klik encode!
  5. tunggu prosesnya hingga selesai..

    lamanya encode dipengaruhi oleh settingan seperti langkah 3 tadi dan kualitas video tersebut. Settingan tidak harus sama seperti yg saya berikan, itu hanya contoh yg biasanya saya gunakan saja.
  6. dan ini hasil dari encode yg berhasil saya lakukan dengan size yg semula 148Mb hanya menjadi 30Mb
sumber inspirasi : http://pfv-tkj.blogspot.com
Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

64 komentar:

TEAM EDITOR GTA SA said...

Thanks Gan infonya dan tips nya !! Sangat bermanfaat kali !

Anonymous said...

Thanks gan.. tapi ko lama banget? biasanya emang brp lama sih gan?

ArzchyMilitov said...

tetep aja berkurang kualitas gambarnya gan.. malah ada yag warnanya kacau. ya tapi gak semua juga sih

Anonymous said...

oh y gan Klo d jdiin kualitas 720p brpa angka yg hrsus d tukar?? mohon pencerahannxa ?!

Anonymous said...

kenapa keluarnya jadi file mkv yah ?
ga bias dipilih hasil outputnya yah ?
trims anyway

Dwiki Ramadhan said...

Mantap gan

Yoga Cah Mbeling said...

gan, ane udah pernah pake cyko nya, lalu folder cyko yang tadinya ada di disc C ane pindah ke disc D. Dan pas ane mau gunain lagi, nggak bisa. Waktu di klik encode nothing happen. Mohon dicerahkan gan!

iwaboztwo iwa said...

Gan koq ane malah nambah sihh MBnya yang tdainya 75 Mb jadi 165 Mb...

Abdulmualimi said...

Thank's gan

bayu kurniawan said...

waww
kereen ah
mantep dah
makasih ya gan
moga makin jozz
mampir juga ke kios-bakwan.blogspot.com yaa gan :)

Penting, Panas, Perlu dan Seruu said...

Mantab bro.. 14mb jadi 3,5mb thanks :)

don said...

wah makasih ya
winkomnet.blogspot.com

Anonymous said...

Gan, itu Value 26 apanya?

ompong said...

ijin nyoba nyoba gan...

Ridwan Xz said...

ijin coba :D

Anonymous said...

gn kok filenya dri mkv jdi mp4 sih

Anonymous said...

ini subtitlenya jdi rusak gx kk...

Celebs said...

makasi mas, kalau gini gampang kan disimpan kedalam flasdis yg minim kapasitasnya

mus advent said...

gan, kok suaranya jadi hancur ya pas di cepetin videonya????

Fajrin D said...

Thnkz Sob, siap dicoba tutorial'ny..

- Blogwalking! -
fajrin-dimension.blogspot.com

Alvian said...

gan file gue kog malah nambah ya ,, yang tadinya 850 mb kog malah jadi 980 mb ya gimana nih

nazri adlani said...

kok lama x yg cara ke 5 nya

UDAY eR said...

mantaff gan ,,tks

Afif Ashari said...

bermanfaat , tapi agak lama proses encoder nya :D

Azan saputra said...

recomended banget ni programnya, nice info. Tks

afdol febriansyah said...

makasih infonya gan.. tapi saya mau tanya nih, settingan untuk memperkecil ukuran video dari 88MB ke 5MB gimana yaa???

Bambang Hermanto said...

Thanks gan tutorialnya, amat sangat membantu nih :-) GOODJOB

Aslam Muhammad said...

makasih infonya yah sob...

ditunggu blogwalking nya

Aslam Muhammad said...

keren mampir yah

http://syolepa.blogspot.com/

Arif said...

mantap gan, kebetulan nih ane mw upload di youtube tpi sizenya jumbo.. :D

Adil Mudhoffar said...

makasih banyak atas infonya gan

yogi ihs foreferz said...

sangat bermanfaat gan

Kholilur Rohman said...

Thanks gan, ini yang saya cari-cari

Bono Ribet said...

akhirnya nemu juga di sini makasih buanyak gan inponya sangat zuper zekaliiiiiiii

Zameda Igga said...

terimakasih kawan sudah mau mampir ke blog saya :)
jangan lupa baca artikel lainnya yaa

opoSIP said...

kita juga bisa om menggunakan software untuk memperkecilnya :D memperkecil ukuran gambar dengan tinyPNG

dian fitriani said...

gimana cara jadiin MP4

AniSubindo said...

klo video Avi/Mkv.dll mau di jadikan Mp4 klik Hardsub yg ada tanda ceklisny

Yuk yg mau nonton Anime secara Online Streaming bisa kunjungi di
www.anisubindo.co.vu

Osman OTW said...

terimakasih gan, ini dia yang ane cari selama ini

alpi indrawan said...

kalo 1gb bisa ga kira" gan?

Zameda Igga said...

alpi : bisa gan.. tapi waktu ngompressnya lebih lama.. selamat mencoba

Bedhol Rohman said...

mantap gan, ane udah nyobain dari 50MB jadi 20MB.. nice share gan

Cara Buat Website said...

Min handbrake ini ga bervirus kan ya?

Zameda Igga said...

aman gan app nya, tidak membahayakan komputer

Cecil Seijuro said...

sip gan.. cobain dulu
SHARING ANIME SUBTITLE INDONESIA |JAPANESE RPG GAME | J-DRAMA seijuronime.blogspot.com

by,Baim sy said...

Thanks gan skses

SAOlovers said...

Vakue, Height, dan Bitrate nya itu untuk yg versi 480p ya gan? Saya maunya jadi yg versi 720p, itu settingnya harus gimana? Tolong gan cepat dibalas. Saya kesulitan mengecilkan anime kualitas BD nih.

Zameda Igga said...

@SAOlovers : tinggal mengubah weight (pixel)nya menjadi 720p

DEWI RAHAYU said...

tqyuw ur post

Farid Aulia Rahman said...

Makasih infonya, sangat membantu

Tempel Balik said...

Terimakasih untuk infonya, dicoba ya gan ntar klo ada kendala ditanya kembali :)

JOEL said...

MAKASIH MAS.

suhu wow said...

Kalo ane pake Handbrake,,

bakanime said...

coba dulu softwarenya..

http://bakanime.us/

hery sony said...

makasi atas artikelnya gan.
sangat membantu akhirnya sekarang saya mengecilkan koleksi video buatan saya^_^

Saiful Khoiri said...

size 148 MB jadi 30 MB butuh waktu berapa lama?

Gradyano Akbar said...

makasih banyak ya min, tertolong banget nih :3

aby spacetion said...

Makasih tipsnya, keren nih

Rendy Adrian said...

Gan kalau abis di kompres trus di kompres lagi bisa gak? Ada pengaruhnya sama video nya?

rachmad wiradani said...

kalo untuk video 1080p kok kagak bisa ya.. ane dah coba mentok 108, 0 yang terakhir kagak mau terketik.. apa berarti cuma bisa sampe 720p aja?

BangTekno said...

Makasih gan tutorialnya berhasil :D

Anonymous said...

thanks bro

The Protector said...

Thanx Min... Sangat bermanfaat...:)

umroh lamongan said...

Makasih gan atas solusinya, sekarang saya bisa menghemat size file video saya. Top pokoknya!

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info