Perbedaan Daftar Acuan/Referensi dengan Daftar Pustaka

Artikel ini didasari oleh seringnya saya jumpai teman mahasiswa yang salah dalam menuliskan daftar referensi atau acuan dalam skripsi atau laporan ilmiah. Eh… yang benar tuh daftar acuan/referensi atau daftar pustaka ya? sama nggak ya kedua istilah tersebut? jangan-jangan… keduanya beda. Hayoo sama nggak? Dulu saya sendiri menganggapnya sama. Tetapi setelah saya coba cari-cari di internet mengenai kedua hal tersebut, ternyata…keduanya beda.

Daftar acuan berisi informasi yang diacu dari sumber lain yang dimanfaatkan dalam penelitian, dan dikutip baik esensinya maupun statement lengkapnya dalam teks penulisan tesis/disertasi/ laporan penelitian. Penulis dari sumber informasi yang diacu ini harus tercatat dalam Daftar Acuan pada halaman terakhir dari penulisannya. Nah… daftar acuan ini hanya terdapat dalam laporan penelitian, skripsi, tesis maupun disertasi.

cara penulisan daftar acuan ini selain ditulis di halaman terakhir laporan, biasanya juga ditulis di dalam isi suatau laporan. Contoh :

click for ZoOm
Daftar Pustaka adalah daftar bacaan yang disarankan untuk dibaca dan tidak diacu dalam tulisan, baik dalam tesis/disertasi/laporan, tetapi sekedar untuk memperluas wawasan bagi mereka yang ingin mengetahuinya lebih lanjut. Daftar Pustaka tidak disarankan dalam penulisan laporan penelitian, skripsi, tesis dan disertasi. Maksudnya tentu agar penelitian, skripsi, tesis dan disertasi memanfaatkan sumber informasi yang telah ada atau penelitian yang telah dilakukan orang lain untuk dikembangkan sebagai inspirasi penelitian baru atau membangun suatu informasi baru.

Kedua statement di atas saya ambil dari apa yang ditulis oleh Jacub Rais (Anggota Dewan Riset Nasional). Tulisannya dapat dibuka melalui situs http://mit.biotrop.org.

Kesimpulan:
Tata cara penulisan daftar acuan dan daftar pustaka sebenarnya sama, hanya penggunaannya saja yg berbeda. Kalau daftar acuan istilahnya kita copy paste kalimat dari suatu sumber tersebut, sedangkan daftar pustaka itu hanya sebagai wawasan kita saja untuk menulis suatu laporan.

Untuk mengetahui cara penulisan daftar pustaka yang benar bisa lihat artikel saya disini.

Comments