Alasan Kenapa Dokter Bedah Memakai Baju Hijau


Pernahkah kalian berpikir alasan mengapa doktor bedah memakai baju hijau? mengapa tidak warna putih saja seperti kebanyakan doktor pada umumnya.

Pada mulanya doktor dikatakan memakai warna putih kerana ia warna yang melambangkan kebersihan. Namun ada perbedaan oleh dokter bedah, mereka selalu memakai baju hijau dalam praktiknya kerana menurutnya warna hijau lebih sejuk dan lebih berorientasi pada sesuatu yang alami seperti keindahan alam sehingga mampu menyegarkan mata.

Walaupun sukar dipastikan mengapa warna hijau paling sesuai bagi doktor tetapi para pakar dibidangnya beranggapan bahwa
  • warna hijau lebih baik untuk melihat di ruang pembedahan,  kerana hijau adalah warna berlawanan dengan warna merah.
  • Selain itu warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah yang selalu menatap cairan darah yang berwarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah ketika pembedahan.
  • Melihat warna merah secara terus menerus menyebabkan signal warna merah di otak kekurangan sensitivitas terhadap variasi warna merah.
  • Alasan lainnya adalah, terus-menerus fokus pada warna merah akan menyebabkan pakar bedah kurang fokus dan mengganggu penglihatan doktor. Jika warna baju-baju pakar bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan doktor.
Namun terkadang dokter bedah juga memakai baju berwarna hijau agak kebiruan atau hijau tosca, menurut saya penggunaan warna hijau tosca ini dikarenakan warnanya yang lebih cerah seperti warna langit tetapi tetap pada warna dasarnya yaitu hijau, sehingga terkesan warna yang lebih shine/bersinar tetapi juga menyejukkan dan perbedaannya dengan warna merah darah yang gelap pun menjadi lebih jelas.

Sekarang sudah paham kan alasan dibalik dokter bedah memakai baju hijau dan itu bukan suatu kebetulan.

Comments

  1. thanks utk infonya..
    utk menambah referensi, kamu juga bisa liat infonya disini..
    http://optika-fisika.blogspot.com/2013/04/ilusi-optik-dalam-kedokteran-pada-saat.html

    ReplyDelete
  2. info yg bermanfaat,,,terima kasih,,,

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat infonya ,,,terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih