Tips Menghilangkan Stres | Cara Meredakan Stres

Malam sobat blogger. Kali ini Zameda akan share mengenai tips kesehatan. Masalah kali ini tentunya sudah pernah kalian semua rasakan, yaitu stress.
Reputasi stres sebagai penyebab hilangnya kebahagiaan, sampai penyebab penyakit, rasanya sudah sangat dikenal. Sayangnya tak banyak orang yang sadar bagaimana mengelola stres yang sulit dielakkan dari kehidupan. Dan jangan lagi dibiarkan stres datang kembali seperti gambar dibawah ini.



Setiap orang memerlukan kegiatan rekreasi sebagai pelampiasan untuk mengendurkan ketegangan. Para ahli psikologi bahkan menegaskan bahwa rekreasi sangat penting untuk kesehatan jiwa karena tekanan hidup yang berat memerlukan penyaluran agar tidak menyebabkan frustasi.
Ingin mengurangi tekanan hidup dengan murah dan tanpa mengurangi waktu? 6+3 tips pelepas stres berikut mungkin bisa Anda masukkan dalam agenda harian.

1. Membaca buku
Ini merupakan kegiatan yang bukan saja membuat kita sejenak berhenti memikirkan segunung masalah, tapi juga membuat kita seolah masuk ke dunia baru yang sedang dibaca. Membaca di malam hari adalah kegiatan yang dianjurkan. Kamar tidur adalah tempat yang hangat, nyaman, dan damai. Kombinasikan dengan buku bagus, maka Anda akan merasa kembali fokus pada diri sendiri.

2. Duduk di taman
Bila Anda jeli, sebenarnya cukup banyak "oase" kecil di sekitar kita. Selain di area kompleks perumahan, taman kecil yang hijau kini sudah lumayan banyak bertebaran di sekitar perkantoran. Luangkan waktu sekitar 5 menit untuk duduk menikmati udara segar dan hijaunya taman.

3. Melihat foto
Melihat-lihat kembali album foto dari peristiwa menyenangkan adalah salah satu pelepas stres yang murah dan efektif. Bayangkan kembali diri Anda pada peristiwa bahagia tersebut dan rasakan sensasinya.

4. Berjalan kaki atau olahraga
Aktivitas fisik adalah cara yang sehat untuk melepas stres karena bisa memicu hormon-hormon antistres. Luangkan waktu beberapa menit setiap pagi atau setelah makan siang.

5. Meditasi
Setiap aktivitas yang bisa membuat perhatian kita tetap tenang dan fokus sudah bisa disebut sebagai meditasi. Itu berarti bisa kegiatan menyulam, menulis, menjahit, atau duduk diam. Lakukan 5-10 menit setiap hari dan rasakan kadar stres yang menurun.

6. Ambil jeda
Bila emosi sudah tidak bisa dibendung, alihkan perhatian Anda untuk sejenak fokus pada sesuatu yang baru. Misalnya melihat ke jendela, menyeruput teh hangat, atau memperhatikan pohon yang tertiup angin. Biarkan imajinasi Anda bebas untuk sesaat.
(sumber : dechacare.com | Yanti)

Tambahan : Ini sedikit tambahan untuk menghilangkan stres menurut versi saya sendiri

7. Mendengarkan Musik
Dengan mendengarkan musik akan membawa suasana hati kita kepada suasana yang indah karena melodi, nada, dan liriknya yang dapat membuat pikiran kita dialihkan oleh hal yang terlihat menyengkan tersebut. Terkadang dengan musik membawa kita terhadap pengalaman-pengalan indah kita seperti saat first date pertama dengan pacar di suaut kafe dengan mendengarkan lagu tersebut, atau karena teringat soundtrack dari film-film bagus,romantis,keren,sosweet yg pernah kita tonton dulu. Dengan begitu pikiran kita menjadi lebih tenang dan senang.

8. Tidur
Aktivitas ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan stres. Kenapa? karena stres biasanya datang karena kita kelelahan, dan banyak pikiran yang membuat pikiran kita lelah. Maka dengan tidur akan mengistirahatkan tubuh dan otak kita agar dapat kembali segar bugar.

9. Cari hal yang mengasyikkan
Contoh hal mengasyikkan yang dapat anda coba adalah nonton film, kalau bisa nonton bareng sama temen. Selain itu, pergilah keluar bersama teman (hangout) untuk mengisi dengan hal-hal yang postif, kita juga bisa kongko-kongko dengan mereka untuk saling menceritakan masalah masing2 dan encari solusinya bersama-sama, istilah lainnya yaitu curhat ..hehe :)

Mungkin itu saja dari saya.. Jika anda memiliki cara tersendiri untuk menghilangkan bisa juga menambahkannya pada komentar dibawah. Thanks
Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

3 komentar:

yusrandante said...

saya termasuk di yang ke 9 barangkali gan... karena jika saya stress, maka saya akan pergi online untuk meredakan rasa stress saya...

like your posting bro...

Zameda Igga said...

@yusrandante kalau saya sendiri lebih ke poin 7, 8, da 9..hehe

Selimut said...

makan banyak2 biar energi stressnya tersalurkan

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info