Ternyata Kulit Pisang Ada Khasiatnya Lhooo..


Pisang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Pernah tahu tentang manfaat kulit pisang? Penasaran dengan khasiat rahasia dari kulit pisang? Berikut adalah manfaat kesehatan dari kulit pisang, jadi jangan pernah membuangnya, seperti yang dilansir di Boldsky.com. Sebelumnya terimakasih kepada merdeka.com dan mallorina tentang tips sehat ini :)

1. Kulit pisang baik untuk merawat kulit. Kulit pisang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat.

2. Psoriasis adalah penyakit kulit yang paling umum terjadi pada manusia. Untungnya, kulit pisang mampu menyembuhkannya secara alami.

3. Ternyata kulit pisang juga ampuh menghilangkan kutil kecil pada kulit. Biasanya, pengobatan ini membutuhkan waktu sekitar 10 hari.

4. Minyak nabati yang terkandung dalam kulit pisang punya senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar atau tergores, bisa juga untuk menghilangkan rasa gatal pada luka yang sudah kering karena tutupan dari kulit mati yang mengeras.

5. Manfaat lain dari kulit pisang adalah bisa menyembuhkan sakit kepala. Belum pernah tahu kan? Kulit pisang yang ditumbuk halus dan ditempel pada dahi ternyata ampuh menyembuhkan sakit kepala. Kulit pisang juga ampuh menghilangkan keriput. Tumbuk kulit pisang sampai halus, lalu tempelkan pada bagian kulit yang berkerut.

6. Menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Anak kecil sering menggaruk bentol akibat gigitan nyamuk. Kebiasaan itu sering kali meninggalkan bekas luka. Manfaat terbaik dari kulit pisang adalah menghilangkan rasa gatal dari gigitan nyamuk.

7. Tidak hanya untuk campuran kompos, kulit pisang bisa langsung ditimbun begitu saja ke dalam tanah untuk menyuburkan tanaman di sekitarnya. Kulit pisang memiliki kandungan potassium yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman.

8. Yang ke-8 ini sungguh unik, kulit pisang ternyata juga bisa digunakan untuk mengkilapkan sepatu lho, dan juga bisa digunakan untuk mengkilapkan beberapa tanaman hias seperti anthurium, gelombang cinta, dan sejenisnya.

9. Dan yang terakhir, kulit pisang ternyata juga bisa memurnikan air dari kandungan logam berat seperti timbal (Pb), tembaga (Cu), dan lainnya. Berikut penjelasannya bagaimana kulit pisang bekerja untuk memurnikan air.

Manfaat Kulit Pisang untuk Memurnikan Air dari Logam 
Kulit pisang yang akan dipakai untuk memurnikan air hanya perlu dicincang kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam air. Dengan sendirinya logam berat seperti timbal dan tembaga akan terserap oleh serat-serat yang terdapat pada kulit pisang.
Cincangan kulit pisang bahkan bisa digunakan hingga 11 kali tanpa kehilangan kemampuannya untuk menyerap logam berat. 
Logam berat merupakan polutan berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.
Timbal (Pb) misalnya, bisa menghambat sintesis hemoglobin atau zat merah darah sehingga mengganggu fungsi saraf maupun organ yang lain. Pada anak, timbal bisa menghambat pertumbuhan sel-sel otak dan menurunkan tingkat kecerdasan ketika tumbuh dewasa.
Sementara itu, logam berat yang lain yaitu tembaga (Cu) jika terakumulasi dalam tubuh manusia bisa memicu pengerasan hati (sirosis) dan kerusakan ginjal. Tembaga juga bisa terakumulasi di jaringan saraf dan kornea mata, sehingga merusak fungsi penglihatan. 
Untuk memurnikan air minum dari logam berat, teknologi yang ada saat ini umumnya sangat mahal sehingga kurang terjangkau masyarakat umum. Sementara penyaring alami yang pernah diteliti dan terbukti efektif antara lain limbah sabut kelapa dan kulit kacang.

Inilah beberapa manfaat kesehatan dari kulit pisang. Jadi, jangan buang kulit pisang sembarangan. Selain membahayakan orang lain, kulit pisang ternyata memiliki banyak khasiat lho.

sumber : merdeka dan mallorina blog
Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

5 komentar:

Dimas Haidar said...

kalo untuk jerawat di gimanain gan..??

Zameda Igga said...

Dimas : Tumbuk kulit pisang sampai halus, lalu tempelkan pada wajah

Cream Pemutih dan Penghilang Bekas Luka Herbal said...

trims infonya ya. sangat bermanfaat banget gan...

Obat Penyubur Kandungan said...

terima kasih banyak untuk berbagi informasi ... Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

Obat Tradisional Jelly Gamat said...

terimakasih banyak untuk infonya gan .

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info