Bagaimana Alexa Memperhitungkan Rank Suatu Website?

Ini adalah kelanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang cara meningkatkan rank alexa pada blog. Sebeleum mempelajari cara meningkatkan rank alexa pada blog alangkah baikya jika anda mengetahui lebih dulu sedikit tentang bagaimana alexa memperhitungkan rank suatu blog. Semakin kecil nilai rank alexa, semakin bagus rank alexa tersebut.

Alexa memperhitungkan kenaikkan dan penurunan rank suatu website dihitung berdasarkan jumlah kenaikan pengunjung/visitor setiap skala tertentu, jadi berdasar berapa persen tingkat kenaikan visitor pada web/blog tersebut.  Oleh karena itu, berapapun banyaknya visitor web tersebut tetapi tidak ada kenaikan jumlah visitor maka alexa juga tidak akan meningkatkan rankingnya, bahkan bisa jadi menurunkan rank alexa suatu blog jika kita tidak bisa mempertahankan jumlah visitor di blog kita.

Kenapa alexa memperhitungkannya berdasar berapa persen kenaikkan jumlah visitor pada suatu web? kenapa tidak berdasar julmah visitornya saja? untuk itu saya sendiri juga belum mengetahuinya secara pasti. Mungkin saja karena berdasar kenaikkan/peningkatan tersebut alexa berpikir semakin baik pula web itu berkembang.

Lantas, seberapa pentingkah rank alexa itu? alexa rank terkadang digunakan sebagai syarat suatu penyedia jasa domain untuk mengetahui kualitas blog tersebut agar dapat bergabung , bisa juga digunakan sebagai syarat oleh web-web komersil untuk bergabung dalam forum mereka. Selain itu juga digunakan untuk gengsi tersendiri oleh pemilik blog.

Mungkin itu saja dari saya. Penjelasan tentang perhitungan alexa diatas mungkin saja tidak seutuhnya benar, dan cara perhitungan seperti itu bisa berubah sewaktu-waktu. Yang terpenting adalah bagaiamana cara kita meningkatkan jumlah pengunjung dan bisa memberi informasi yang terbaik untuk mereka.

Comments

  1. kalau menurut saya, cara paling ampuh untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan pengunjung blog yaitu dengan sering update dan blogwalking...

    ReplyDelete
  2. Alexa menjadi indikator sebuah blog.Kalau saya teta update biar alexa ranknya turun terus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih