Cara Memutar Film 3D & Cara Menampilkan Subtitle pada Film 3D

Akhirnya... setelah sekian lamanya, saya sudah bisa menampilkan subtitle pada film 3D hehe.. Cara ini terinsipirasi oleh ronaldmactavish.blogspot.com. Namun saya lihat komentar disana banyak yang tidak berhasil untuk menampilkan subtitle ini. Awalnya saya pun juga tidak berhasil sob, tapi karena saya orangnya yang pantang menyerah, saya coba melakukan modifikasi dan perubahan-perubahan tutrorial yang ada disana yang akhirnya saya berhasil menemukan caranya!

Ini adalah cara menampilkan subtitle pada film 3D + cara memutar film 3D. Have Fun!

Syarat untuk menampilkan subtitle pada film 3D, software yang harus anda punya yaitu:
  • Stereoscopic Player Full version, download disini , jangan lupa gunakan cracknya ya sob untuk menjadikannya fullversion/tidak trial. Cracknya ada di folder crk. Untuk kali ini saya anggap anda sudah mampu menggunakan crack.
  • FFDSshow, saya sarankan menggunakan ffdshow yang 32bit karena setelah saya coba menggunakan yang 64bit tidak work. Download FFDShow 32bit disini. Saat sobat install ffdshow ini klik aja next next terus sampai selesai.
Tips : Klik gambarnya sob agar lebih jelas!

langkah 1

1. Buka stereoscopic player
2. Pilih File - Setting - Decoder - Other - Video Processor - klik Add - pilih ffdshow subtitle filter - lali klik OK... Lihat petunjuk gambar berikut


Langkah 2 - cara memutar film 3D + show subtitle

1. Buka stereoscopic player - pilih open - buka film 3D nya.
2. Nah, saat anda menjalankan film 3D nya menggunakan stereoscopic, maka icon ffdshow subtitle filter otomatis akan muncul pada system tray, lalu klik 2x pada icon tersebut.. lihat gambar..



3. Lalu pada ffdshow subtitle filters configuration, centang pada subtile


4. Belum selesai sob..sabaar..langkah terakhir ini juga cekup penting, masih pada  ffdshow subtitle filters configuration, anda masuk ke placement (letaknya dibawah subtitle), Anda centang pada stereoscopic. Di sebelah kananya stereoscopic ada parallax, ini digunakan untuk mengatur apakah subtitlenya mau dibuat 3D atau tidak (atur dan cobalah sendiri). look at the picture..


5. Lalu Klik OK. Subtitle anda seharusnya sudah muncul..

Tambahan :
Jika subtitle film kepotong atau terlalu besar, anda bisa mengaturnya juga di ffdshow subtitle filters configuration - subtitle - font - lalu tinggal atur sesuai kebutuhan.
Serta untuk menyempurunakan letak subtitle atrulah parallaxnya


Tips Untuk megoptimalkan kualitas film 3D bagi yang menggunakan kacamata Red-Cyan :
 Buka Stereoscopic Player dulu donk...lalu buka film 3D nya

Cara ke -
1. Pilih File - Layout - pilih yang SENSIO HI-FI 3D
2Pilih View - Viewing Method - Anaglyph - Half Color Anaglyph Red-Cyan


hasilnya seperti ini..




SEMOGA BERMANFAAT ^_^
jika ada yg ingin ditanyakan, tanya lewat komentar
jika berhasil jangan lupa tinggalkan komentar-
agar saya bisa mengetahui apakah cara ini mudah dipahami dan work di kalian

Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

39 komentar:

Vincent Lim said...

luar biasa .. thnks berat gan ..
blog agan lebih lengkap dari sebelah ..
terselamatkan ane :D

Vincent Lim said...

lupa bilang .. thnks berat ya gan :thumbup:
keep sharing gan :D

Zameda Igga said...

oke gan.. sedikit cerita, dulu ane coba2 cara dr blog sebelah brkali-kali trnyata tetep gabisa, padahal dah beli kacamata 3dnya, sayang donk klo ga kepake gara2 gabsia nampilin subtitlenya (maklum ga ngerti bahasa asing).. akhirya ya saya berusaha bwt cari cara lainnya dan ternyata berhasil dan jadilah tutorial ini.. hahaa.. senang jg saya bisa berbagi

Anonymous said...

cara nya lebih simple dari yang di sebelah ya gan "_" dari tadi ane ngubek di sebelah kaga bisa bisa, pas di tempat agan langsung NYOSSSSS banget dah 3D ane, mangstab gan tutor nya
rate lima...mantep dah
elanor-kaskus

CynzCat said...

gan cara ini work pada TV 3D gak? thx:)

Zameda Igga said...

@CynzCat: wah.. ya gabisa donk.. cara ini hanya berlaku di pc/laptop.. kalau mau nampilin subtitle di tv 3d kamu harus gabungin dulu subtitle yg .srt/.ass itu dengan film 3D nya..

CynzCat said...

ok gan..
cara gabungin ny gmn ? sub ane format ny *sub

Anonymous said...

cara ngecracknya gmn ya???

Zameda Igga said...

cara cracknya tinggal coppy file yg ada didalam folder crack (bukan foldernya yg di copy tapi isinya) lalu paste di C/Program Files/Stereoscopic Player. Lalu jika muncul peringatan pilih yang Move and Replace atau replace all.. Selesai

Anonymous said...

mau tanya gan,
mudah2an si agan berbaik hati menjawab yah.....
saya menggunakan TV LG32LM3410 3D TV.
Saya Sudah dapet film 3D yang keren2 banget formatnya MKV.
Tapi hasil download yang saya dapet semuanya subtitle bahasa inggris. saya sudah dapet yang subtitle bahasa indonesia nya dengan format subtitle yg sama dengan film yg saya download tadi dan sudah saya gantikan dengan yg subtitle bahasa inggris. tapi di tv gak muncul juga tuh subtitle bahasa indonesianya.
Saya menggunakan External harddisk untuk muter tuh film. langsung saya colokkan ke usb yang ada di tv tersebut.

Mohon Pencerahannya

Thanks Before

Zameda Igga said...

kalau mau nonton di tv 3d gabisa dikasih subtitle yang terpisah seperti itu.. cara diatas hanya untuk pc/laptop. Kalau mau menonton di tv 3d langsung kamu harus beli cd/dvd 3d yg langsung ada subtitlenya (jd dubtitlenya emg sudah gabung dengan film).. jangan samakan software di pc dengan vcd/dvd player atau tv3d nya..

doeLkominfo said...

Saya coba menjawab pertanyaan seputar TV LG cinema3D,
ketika memutar film dari hardisk external atau usb flashdisk dg internal player bawaan tv maka apapun jenis filmnya baik itu 3d atau 2d subtitlenya akan muncul otomatis dg syarat format subtitlenya adalah .srt dan nama subtitlenya harus sama dengan nama filmnya (contoh: dalam 1 folder terdapat lorax.mkv dan lorax.srt).
Bedanya ketika menonton 3d maka subttilenya akan berada dibelakang, sehingga mengganggu mata kita karena film 3d efeknya berada diluar layar sedangkan subtitlenya tetap berada dilayar.

Untuk memutar 3d baiknya menggunakan laptop lalu hubungkan ke tv LG dengan menggunakan kabel HDMI. Jadi fungsi tv layaknya monitor. Lakukan seperti tutorial Zameda Igga diatas, hanya saja pada stereoscopic player bagian View - Viewing Method - Anaglyph - Half Color Anaglyph Red-Cyan diganti dengan View - Viewing Method - SHARP 3D Display. Trus kita tinggal pasang kacamata 3d LG dan nonton deh ampe puas... hehe..

Siip kan..

Zameda Igga said...

doeLkominfo: wah.. makasih sanget masbro tambahan ilmunya, semoga bisa membantu yg lain :D

Adank Doank said...

Thank's buat share-nya, Gan.
Tapi ane masih ada sedikit trouble neh..

Ane udah ikutin semua petunjuk Agan, en sub udah nongol lancar jaya, tapi kenapa masih tampil double alias ada 2 subtitle yang sama? So, pas ada sub yang panjang, jadinya ntu teks saling numpuk. Ane udah coba utak-atik Parallax-nya, en hasilnya tetep sama.

Gimana caranya biar ntu sub cuma ada satu (seperti kita nonton pake player biasa)?

Trim's b4 and after. Keep share..

Zameda Igga said...

Adank doank: ooh itu subtitlenya sbnernya cuma ada 1, tp mgkn font subtitle km yg kebesaran jdinya klo ada sub yg pnjang jdinya numpuk gt.. Jd cranya km tinggal kecilin subtitlenya, cranya lihat tambahan yg ada diatas... Km jg bisa lhoh gnti wrna subtitle dan jenis2 fontnya, tinggal atur2 sndiri aja settingannya.
Baca tambahan (wrna merah) yg ada diatas y sob

Adank Doank said...

Sorry, Gan. Bukan kebesaran font. Buat modif ane kayaknya udah faham.
Kamsud ane, tampilan sub ane ga kaya contoh gambar di atas (text "Dia Kitty Si Cakar Lembut" hanya ada 1). Tapi tampilan sub ane ada 2 text, posisi di kanan dan kiri.

Jadi kalo liat gambar contoh di atas, tampilan sub ane jadi seperti ini:

"Dia Kitty Si Cakar Lembut Dia Kitty Si Cakar Lembut"

Begitoo, Gan.

Mohon maaf kalo merepotkan. Thanks a lot.

Zameda Igga said...

Adank Doank : masa gabisa gan? harusnya bisa.. itu film kamu udah di set mode 3D kan?? kalau sudah tinggal diatur parallaxnya buat nyesuain subtitlenya..

Anonymous said...

gan,gmn caranya mainkan movie 3D yg red/cyan d stereoscopic? bingung aku makainya.

Zameda Igga said...

Anonim: itu kan udah ada tutorial diatasnyaaa ..baca dulu kek baru komen -___-"

rizki's blog said...

mau tanya ini program bisa buat nampilin film yang blum 3d menjadi 3 d gak ya?

Anonymous said...

stereoscopic untuk di mac ada gak gan?

naruto said...

TQ MAS BROTH

Kiswo Joedi said...

gan mau nanya nih. Ane muter film 3D di smart tv LED 3D, teks subtitle ga bisa ditengah, tetapi nyebar di kanan dan kiri layar. napa ya gan? (Film 3D nya dari external hardisk). Makasih sebelumnya gan....

Ridwan haerun said...

Bgmn cray klo filmnya ada 2 gambar..ada d kanan dan ada di kiri.??
Mksh sblmnya..

Anonymous said...

thx infonya bro..
Its work.

Anonymous said...

terima kasih sebelumnya,kalo muter lewt laptop agar efek 3D terlihat jelas settingan stereoscopic playernya gmana gan?

Anonymous said...

Apakah bisa nonton film 3D di tv led biasa dengan pemutar seperti stereoscopic player lewat lapton tentunya pakai kacamata 3D .... Terima kasih sebelumnya.

Zameda Igga said...

maaf sebelumnya gabisa jawab pertanyaan satu satu, nae mau jawab buat yg mau nonton film 3d nya pakai tv led yg gede itu biar mantep. Begini.. biasanya tv led sperti itu sudah support buat kabel HDMI, agan beli dlu kabel hdmi sekitar 75rb. Nah lalu tinggal sambungin itu kabel dari Laptop ke TV nya. nanti otomatis layarnya akan masuk ke tv itu. Jadi agan tinggal setting pengaturan film 3D nya di laptop dan hasilnya akan muncul di TV sobat. Saya sndiri sudah pernah coba pakai cara ini, dan hasilnya bagus karena resolusi lebih besar tentunya.

Zameda Igga said...

oia lupa, pas selesai disambungin pake hdmi jangan lupa di set tv nya mode HDMI pakai remot tv nya ya ^_^
jadi inti cara kerjanya seperti proyektor, cuman bedanya ini langsung dihubungkan melalui kabel

Anonymous said...

gan kok ga ngefek ya?

syaifullah al hmawi said...

download lewat mediafire gmn gan caranya,,, sory gaptek...

panji tangkorak said...

numpang tanya aganyang baik hati
klo film dvd di convert pke format factory jdi mp4 jdi 1 file trus di convert lagi ke imtoo 3d convert. trus nontonnya di Stereoscopic Player.
pertanyaannya :
Subtitlenya bisa muncul ga...?
Tank's Panji

Anonymous said...

linknya mati gan yg ffdsshow

Indra ReghaR said...

video 3D ane ko gk bsa gan padahal dah ane ikuti tutor agan.
ap krn subtitlenya formt srt ya?
mhon pencrahan gan

Yunan Kiw said...

sya sdh download film 3Dnya...knp layarnya jd 2 gtu gan,,tolong infonya gan makasih..

Zameda Igga said...

Yunan Kiw: iya semua film 3D SBS (Side by Side) yg umumnya di putar lewat pemutar video berbasis windows emang jadi 2 gitu kalau pake pemutar biasa.. di artikel ini sudah ada tutorialnya silakan disimak kembali

Rizky reza pahlawan said...

GAN TOLONG BANTU ANE... subtitle ny ga muncul2 kenapa. padahal dah coba sama persis... apa karena subtitle nya srt biasa? bukan yg 3d

Rizky reza pahlawan said...

ngomong2 itu yng di gambar ada search in... dikosongkan apa pilih target subtitle,, ane dah jalanin ke2 nya ko ga bisa mulu,, knapa ya

Rizky reza pahlawan said...

sepertinya agan ini kuarng FULL dalam penjelasan,, seharusnya di gambar ang di ffdShow itu dituliskan KLIK FILE jangan search IN... itu justru yg penting,, saya jd bingung tadi dan saya coba ngulik2, dan alhamdulilah bisa... tapi makasih,,,, udah kasi pencerahan,,, mungkin dari kemarin permasalahan saya hanya di SEARCHIN DI FFD SHOW,

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info