Kiriman ga jelas dari facebook?

Buat kalian yang sering chat facebook, apalagi di pc/laptop, ada kabar burung yang yang kurang mengenakan buat facebookerz alias pecinta facebook.
trakhir kali saya mendapat pesan begini dari salah seorang teman saya
"Hey, check out this girl, lol, she must be out of her mind for making that video!: bit.ly/fC1AmB"
atau kalu ga
"OMG: This girl killed herself after her FATHER posted this message on her wall: bit.ly/hiht3w"

lebih baik anda jangan mengeklik link seperti diatas. karenaa..buat para kalian pecinta facebook, hati-hati saja mungkin saja itu adalah phising. Apa itu phising? (http://purwodadi.net/2010/06/05/apa-itu-phising/)
Phishing adalah usaha untuk mendapatkan suatu informasi penting dan rahasia secara tidak sah, seperti USER ID, PASSWORD, PIN, informasi rekening bank, informasi kartu kredit, atau informasi rahasia yang lain. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

saya sudah dikirim 2x sama teman saya, yang pertama sih saya tidak menghiraukan message itu, tapi yang kedua ini membuatku penasaran sebenarnya itu apa dan akhirnya saya klik deh itu, tapi saat itu ada 2 pilihan "izinkan" atau "jangan diizinkan" lalu saya klik jangan izinkan... eh tahuuu tahuu jreeng jreeeng ..terjadi apa saya sendiri lupa ..wkwkwk.. karena saya langsung close itu tab.

buat yang sudah terlanjur meng.kliknya sebaiknya melakukan antisipasi berikut:

1. klik pada drop account (pojok kanan atas)
2. lalu masuk ke pengaturan privasi / private settings
3. lalu lihat tulisan aplikasi dan situs web (pojok kiri bawah), sunting pengaturan anda
4. terus lihat bar Aplikasi yang Anda gunakan, naaah disitu matikan semua bentuk aplikasi, tandai semua aplikasi yang ada disitu

5. lalu klik matikan platform ...

kenapa harus aplikasi(platform) nya yang dimatikan? karena pesan tadi saat saya klik menuju pada sebuah apliksai aplikasi umumnya yang ada di facebook. Jadi ya apa salahnya buat jaga-jaga saja.


nah selesai deh, itu untuk antisipasi saja, kebenaran sesungguhnya mengenai pesan itu saya juga belum mengetahuinya. Tunggu aja info selanjutnya sampai memang kondisi sudah benar-benar aman (ceileeh..kaya baru perang kemerdekaan aja...hhihii..) semoga membantu xD

Comments

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih