5 Hewan Terunik Versi Zamedaku

1. Platipus

Platipus adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Walaupun Platipus bertelur tapi ia tergolong ke dalam kelas Mammalia karena ia menyusui anaknya. Platipus juga sering dikenal dengan nama duck-billed Platypus atau Platypus berparuh bebek disebabkan bentuk paruhnya yang menyerup ai bebek. Platipus termasuk binatang yang aneh dari kerajaan Animalia. Binatang ini Mammalia tapi bertelur (mayoritas Mammalia ber
anak seperti anjing, kucing, beruang, dan sebagainya). Platipus memiliki paruh yang seperti bebek dan kaki berselaput. Seperti halnya kangguru dan koala, platipus menjadi simbol fauna Australia dan dapat ditemui di koin 20 sen Australia. (wikipedia)



2. Leavy Sea Dragon / Naga Laut


Naga Laut (Sea dragon) seperti halnya Kuda Laut (Sea Horses) adalah salah satu dari tipe Pipe fish.
Naga laut, tidak seperti kuda laut yang memiliki ekor pengikat/pencengkeram. Namun, mereka mempunyai organ tambahan seperti alga yang membantu mereka untuk bergantung pada lamun. Organ ini juga membantu mereka untuk sembunyi didalam padang lamun yang sangat mereka sukai untuk hidup. Untuk membantu penyamaran mereka, naga laut bergerak maju mundur untuk menyamai gerak lamun ketika digerakkan oleh arus laut. Mereka memiliki berbagai warna, termasuk kuning, merah muda dan oranye.
Tubuh dari naga laut sangat keras seperti baju zirah. Bagian terluar dari kulit yang keras ini disebut ‘Hide’ terbuat dari cincin bertulang. Cangkang luar ini membuat tubuh naga laut menjadi berat sehingga susah bergerak dan mudah ditangkap.
Naga laut suka makan udang mysid kecil yang disebut ‘sea-lice’, plankton dan ikan-ikan kecil. Mereka tidak punya gigi sehingga mereka makan dengan cara menyedot sedikit air yang mengandung mangsa mereka.
Naga laut memiliki ritual pacaran yang terjadi sebelum mereka kimpoi. Selama waktu ini laki-laki mengalami perubahan warna yang cepat ketika dekat dengan perempuan. Naga laut jantan membawa telur. Ini dikenal sebagai Paternal Brooding. Naga laut wanita meletakkan sekitar 200 telur merah muda di brood patch laki-laki yang terletak di sisi bawah ekor.
Naga laut merupakan spesies endemic di selatan WA dan Australia selatan. Mereka bias ditemukan di daerah yang punya padang lamun, padang alga dan sekitar terumbu karang. Dengan semakin berkurangnya padang lamun, naga laut semakin sempit ruang hidupnya. Mereka biasanya berenang di perairan dangkal tapi pernah juga terlihat di kedalaman 50 meter.



3. Paus Unicorn
Hidup di sekitar perairan Kutub Utara, paus narwhal adalah jenis paus bergigi (toothed whale) namun tidak memiliki gigi di dalam mulutnya. Sebaliknya, ia memiliki tanduk yang tumbuh di rahang atas dengan panjang mencapai 1,8 meter.
http://4.bp.blogspot.com/_vLNZef6W0aQ/SWYGIj5NXMI/AAAAAAAABqY/UOQxGbjuS70/s320/NarwhalPosed.jpg2c342b5c-e3b7-4800-aea4-36b041443184Large.jpg

Fungsi taringnya, yang mirip dengan tanduk kuda Unicorn dalam mitos, belum banyak diketahui. Sejauh ini, para ilmuwan baru mengetahui bahwa tanduknya dipakai untuk mengukur salinitas air dan mencari makanan. Mungkin ada kaitannya dengan identitas sosial juga karena hanya paus jantan yang memilikinya.
Taring paus narwhal merupakan salah satu benda yang diperkirkan melahirkan mitos kuda Unicorn. Tanduk tersebut mungkin dibawa bangsa Viking ke Eropa hingga Timur Jauh di zaman pertengahan. Karena asal-usulnya tidak diketahui para pembelinya, muncullah mitos Unicorn di beberapa kebudayaan, seperti China dan India, yang digambarkan sebagai kuda bertanduk.( Sumber Paus Unicorn)




4. Liger
Liger adalah nama hasil kawin campur antara singa jantan (Panthera leo) dan harimau betina Panthera (tigris).

Sedangkan jika bapaknya seekor singa dan ibunya seekor liger, maka akan menghasilkan apa yang disebut sebagai Li-linger (lebih dominan seperti singa).

Secara umum, hasilnya adalah seekor singa dengan belang khas harimau berukuran gigantis (sangat besar). Seekor Liger betina panjangnya rata – rata mencapai 3,05 m dan beratnya sekitar 320 kg. ( waduh gede banged tuh, lihat gambarnya...)


Bentuk serta ukuran Liger yang tidak wajar ini diakibatkan oleh adanya Imprinted Genes, yaitu gen – gen yang tidak terdapat di gen induk. Gen ini biasanya timbul akibat proses hibrida yang tidak lazim (ya contohnya perkawinan singa dan harimau) dan sangat mempengaruhi pertumbuhan hasil hibrida yang lahir. Hormon juga mempengaruhi keadaan ini. Penelitian terhadap keadaan hormone Liger menunjukkan bahwa Liger memiliki hormon yang menjadikan kondisi pertumbuhannya berlangsung terus - menerus.




Ligers mewarisi karakteristik dari kedua spesies. Ligers bisa berenang yang merupakan karakteristik dari harimau dan sangat ramah seperti singa.

Perkawinan ini merupakan sesuatu yang sifatnya melawan hukum alam.

Di alam liar, perkawinan ini mustahil terjadi. Sama mustahilnya seperti mengharapan perkawinan gorilla dan manusia. Kecuali ada kehendak dari kekuatan besar di luar sana, semacam mukjizat.
Perkawinan ini terjadi akibat 'kecelakaan' (married by accident) di kebun binatang, saat harimau dan singa berada – entah bagaimana – ada di satu kandang. Oleh karena itu, ini pentingnya menjaga hubungan dengan yang bukan muhrim hihi, supaya tidak ada 'kecelakaan'. Dalam kasus lain, perkawinan ini justru disengaja agar mendapatkan peranakan yang luar biasa ini. Kesengajaan ini biasanya dilakukan kaum kolektor atau sirkus. (Sumber : http://www.whooila.com)



5.Blopfish


The blobfish (Psychrolutes marcidus) merupakan ikan laut yang termasuk dalam keluargaPsychrolutidae. Mendiami perairan dalam lepas pantai daratan Australia dan Tasmania.

Blobfish tinggal di kedalaman di mana tekanan beberapa kali lebih tinggi daripada di permukaan laut, yang mungkin akan membuat kandung rongga udara tidak efisien untuk mempertahankan daya apung. Sebaliknya, daging blobfish ini seperti agar-agar dengan kerapatan yang sedikit lebih kecil dari air, ini memungkinkan ikan untuk melayang di atas dasar laut tanpa pengeluaran energi seperti saat berenang.
Blobfish dapat ditangkap dengan jaring trawl sebagai tangkapan sampingan oleh para nelayan. jaring trawl tersebut di perairan Australia dapat mengancam blobfish, yang mungkin disana ialah satu-satunya habitatnya. Blobfish sedang menghadapi kepunahan akibat penangkapan ikan di laut.

(Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Blobfish)





Jangan lupa di share ya :)

Artikel Terkait:

1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

sena kyun said...

kebanyakan berada di australia

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HiStats Info